preloader

Web Matana

Ngobrol Bareng Content Creator Inspiratif, James Adam

Talkshow MWF 2023 bersama dengan Digital Content Creator, James Adam (03/02).

Tangerang, Pada Jumat (03/02) merupakan hari ketujuh acara Matana Week Festival 2023 (MWF). Gelar wicara atau talk show kali ini mendatangkan seorang Content Creator yang aktif menggunakan platform digital untuk menghasilkan karya-karya musiknya, James Adam. Ia dikenal dengan konten-konten bermain musik dan melakukan kolaborasi (featuring) bersama penyanyi-penyanyi dalam memproduksi kontennya.

Di usianya yang masih muda, ternyata James telah menekuni dunia konten media sosial sejak duduk di bangku SMP. Kontennya saat itu merupakan konten perdana yang ia hasilkan dan publikasikan. Menurut James, tidak ada kata terlambat untuk mulai fokus untuk menjadikan content creator sebagai pekerjaan. Hal yang utama adalah niatnya.

Tidak mungkin seseorang menghasilkan konten langsung bagus untuk pertama kalinya”, kata James, “Membutuhkan proses untuk menghasilkan konten yang sempurna, tapi yang penting adalah menjaga konsistensi dalam memproduksi konten tersebut,” lanjutnya.

Ia juga dikenal dengan keahliannya bermain berbagai alat musik, namun yang paling unik adalah Kalimba. Ia menceritakan kali pertamanya memainkan Kalimba, dimana James terinspirasi ketika melihat orang luar negeri di media sosial yang bermain Kalimba di tengah pantai. Sementara itu, tidak banyak orang Indonesia yang memainkan alat musik tersebut. Dari situlah James tertarik untuk mencoba belajar alat musik Kalimba sebagai daya tarik keunikan kontennya.

James menjelaskan bahwa ia selalu membawa alat musik tersebut, karena menurutnya ide bisa datang kapan saja. Jadi menurutnya, agar tidak kehilangan momen dan kesempatan yang bisa datang kapan saja, ia selalu berjaga-jaga untuk membawanya kemana pun ia pergi.

Lalu, bagaimana dengan proses produksi konten-konten yang ia buat? “Aku masih produksi konten-konten itu sendiri”, jawabnya. Meskipun sudah menghasilkan konten yang ditonton jutaan orang, sampai saat ini James masih memproduksi konten-konten tersebut sendiri tanpa tim, mulai dari proses rekaman sampai editing.

Ceritanya sangat menginspirasi untuk teman-teman generasi muda, tentang pentingnya tekun dalam sebuah proses. Bisa dibilang proses yang James lewati bukanlah waktu yang singkat terhitung saat ia pertama kali membuat konten musiknya. Namun, saat ini ia bahkan bisa menjadikan Content Creator menjadi pekerjaan utamanya. Ditambah ia dapat berkolaborasi dengan creator-creator lainnya dalam menghasilkan konten.